Peluang Usaha Pertanian di Desa Dengan Potensi Keuntungan Besar

Peluang usaha pertanian di desa masih menyimpan begitu banyak kesempatan sampai saat ini. Bahkan kami menganggap peluang ini makin besar saja dari sisi ide dan usaha nya.

Jenis usaha pertanian yang kita bicarakan ini bukan hanya soal bercocok tanam ya. Akan tetapi juga termasuk segala hal yang berhubungan dengan proses bercocok tanam tersebut dari bibit, pupuk ataupun segala mesin pengolahnya.

Untuk bercocok tanam atau usaha di bidang perkebunan pun kalian harus memilih tanaman yang menjanjikan masa depan dimana tanaman tersebut mempunyai nilai jual yang tinggi dengan harga produksi yang tidak terlalu tinggi. 

Sudah banyak materi di internet seputar bisnis pertanian dengan modal kecil yang dapat kalian ikuti. Kunci suksesnya adalah bagaimana kalian menggarap peluang usaha tersebut dengan kreatif dan unik sehingga bisnis kalian bisa di scale up dan dikembangkan lebih jauh lagi.

Peluang usaha pertanian di desa ini bisa kalian lakukan dengan beberapa tips di artikel kami sebelumnya yaitu peluang usaha dagang di desa. Kalian dapat memasarkan produsi kalian via online ataupun offline nantinya. Silahkan kalian baca terlebih dulu penjelasannya disana agar kalian tidak bingung perihal bagaimana proses bisnis nya nanti.

Mengapa Peluang Usaha Pertanian di Desa Disebut Menguntungkan?

Usaha pertanian sendiri berupa kegiatan atau usaha yang dapat menghasilkan sebuah produk pertanian yang dimana tujuan utama adalah seluruh hasil  yang bisa diproduksi tersebut akan dijual ke orang yang membutuhkan hasil produksi tersebut.

Dilihat dari pengertian diatas peluang usaha pertanian di desa menjadi peluang usaha yang akan hidup selalu dan sangat dibutuhkan bagi banyak orang. Hal ini akan berbanding terbalik terhadap banyak jenis usaha yang dimana terus berevolusi dan dijauhi, peluang usaha pertanian di desa ini malah akan semakin maju dan berkembang pesat seiring dari berubahnya jaman dan bertambahnya jumlah penduduk. Lah kena begitu?

Peluang usaha pertanian ini termasuk jenis usaha yang akan langsung menyelesaikan masaah konsumennya karena menangani kebutuhan utama daripada umat manusia yaitu kebutuhan akan bahan pangan. Manusia pasti membutuhkan makan di kehidupan mereka setiap harinya dan menjadi kebutuhan utama yang paling dasar dibanding kebutuhan apapun lainnya.

Maka dari itu, peluang usaha pertanian di desa menjadi bidang usaha denga potensi yang menjanjikan di masa depan. Utamanya jelas untuk warga di daerah pedesaan. Peluang Usaha pertanian membutuhkan yang namanya lahan luas nan subur, itulah mengapa peluang usaha pertanian ini berpotensi untuk dikembangkan oleh setiap warga di daerah pedesaan.

Saat ini bisa dikatakan untuk menjadi seorang petani itu bagi sebagaian anak – anak muda di indonesia dianggap profesi yang tidak menarik dan menguntungkan untuk masa depan sebab dianggap tidak menjanjikan keuntungan yang besar dan cepat. Kenyataannya adalah jika peluang usaha pertanian di desa ini dikelola secara serius, pertanian akan dapat menjadi sebuah sektor yang akan sangat handal dalam proses pembangunan Indonesia.

Melihat besarnya potensi peluang usaha pertanian di desa ini maka Kementerian Desa memutuskan untuk sektor pertanian ini menjadi prioritas utama di dalam program Dana Desa yang memilih pembangunan embung bagi desa. Embung yang dimaksud disini adalah tempat penampung air untuk kebutuhan pengairan di persawahan yang masuk ke peluang usaha pertanian di desa tersebut.

Tanaman Yang Menjanjikan Masa Depan di Peluang Usaha Pertanian di Desa

Apabila membahas soal tanaman yang menjanjikan masa depan, maka kita pasti akan membahas soal tanaman pertanian yang paling menguntungkan dari sisi bisnis dan usaha tentunya.

Banyak sekali jenis tanaman yang bisa di budidayakan dengan berbagai tekhnik tentunya. Semuanya bisa menguntungkan tergantung bagaimana tekhnik dan cara kalian mengatur segala proses usaha dan bisnisnya.

Berikut bisnisklaten.com akan coba berikan beberapa ide peluang usaha budidaya tanaman pertanian yang paling menguntungkan :

Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram

Apakah kalian tahu bahwa peluang usaha budidaya jamur tiram ini ternyata tidak membutuhkan modal yang besar? Ya benar, budidaya jamur tiram ini bahkan dapat dilakukan hanya dengan menggunakan lahan kosong di sekitar pekarangan rumah kalian saja. Selain itu, budidaya jamur tiram juga tidak butuh lahan yang sangat luas untuk proses budidayanya. 

Peluang usaha budidaya jamur tiram ini pun bisa dikatakan sangat menjanjikan. Di pasaran sendiri, jenis jamur ini bisa dihargai sekitar IDR 10.000-an untuk per kilonya. Mahal kan? Bisa kebayang berapa profitnya.

Peluang Usaha Budidaya Sayuran Organik

Dengan berkembangnya jaman, masyarakat cenderung akan beraih ke bahan – bahan makanan super sehat yaitu organic. Kebutuhan akan kesehatan membuat peluang usaha budidaya sayuran organic ini berkembang sangat pesat dalam 10 tahun terakhir dan dipastikan kebutuhannya akan terus meningkat setiap tahunnya.

Apa sih sayuran organik itu? Sayuran organik itu adalah jenis sayuran yang terbebas darida namanya pestisida ataupun pupuk kimia selama proses budidayanya hingga proses panennya nanti. 

Dengan bebas dari pertisida dan segala bahan kimia maka sayuran organic ini adaah jenis sayuran yang berkualitas tinggi dan menjamin kesehatan bagi para konsumennya. Hal inilah yang menjadikan peluang usaha budidaya sayuran organik begitu popular saat ini.

Untuk proses budidayanya ada banyak tekhnik. Yang paling terkenal saat ini adalah peluang usaha budidaya sayuran organic dengan system hidroponik.

Peluang Usaha Budidaya Cabai

Kita sama – sama mengetahui jika sebagian besar orang Indonesia sangat – sangat menyukai dan tergila – gila dengan masakan pedas. Tentu saja bahan utama dari rasa pedas yang di dapat tersebut berasal dari tanaman cabai ini.

Kebutuhan komoditi cabai ini akan terus meningkat seiring dengan waktu. Kebutuhan nya bukan saja untuk kategori rumahan saja, bahkan kebutuhanya yang meningkat tersebut terjadi juga di supermarket, hingga restoran-restoran.

Harga cabai rawit dipasaran di awal tahun 2020 sempat di angka Rp 90.000,- per kilo. Maka dari itu, sudah tidak heran lagi jika harga cabai dapat meroket seperti itu. Kurangnya produksi dan gangguan cuaca yang mempengaruhi hasil panen membuat  Peluang Usaha Budidaya Cabai ini masih mempunyai banyak sekali peluang yang potensial.

Peluang Usaha Budidaya Cabai saat ini tidak hanya dilakuka dengan sistem pertanian konvensional saja, akan tetapi dapat juga menggunakan sistem hidroponik. Dengan memaksimalkan proses budidaya maka bisa dilihat langsung berapa besar potensi profit yang akan di dapat dari Peluang Usaha Budidaya Cabai ini.

Peluang Usaha Tanaman Hias

Peluang usaha tanaman hias selalu menjadi kebutuhan masyarakat. Tanaman hias yang dihasilkan dari budidaya tanaman ini menjadi elemen eksterior rumah yang bakal selau dicari. Bahkan terdapat banyak jenis tanaman hias juga digunakan untuk elemen interior agar terlihat indah dipandang tentunya.

Peluang usaha tanaman hias sudah pasti menjadi usaha yang sangat menguntungkan.sekedar informasi saja, mereka sudah serius menggeluti Peluang usaha tanaman hias ini bisa dapat omzet yang tidak tanggung – tanggung hingga puluhan juta rupiah. 

Kalian tertarik untuk mencoba?

Peluang Usaha Budidaya Kopi

Kita semua tahu bahwa para petani kopi saat ini sedang naik daun. Bisa diliat dari betapa fenomenalnya berbagai macam jenis minuman kopi di sekitar daerah kalian. Tentu saja buka rahasia lagi jika kopi itu sendiri memiliki potensi yang besar untuk pemasaran ke luar negeri. Hal itu bisa dilakukan dengan catatan kualitas yang diberikan layak untuk diekspor tentunya.

Peluang Usaha Budidaya Kopi ini memiliki banyak criteria dan teknik nya sendiri. Kita pun butuh keahlian khusus dalam proses budidayanya. Tapi tiak ada yang tidak mungkin kan dengan melihat besarnya potensi keuntungan yang dihasilkan dapat memberikan kit aide yang cemerlang untuk memulainya.

Peluang Usaha Budidaya Kacang Tanah

Peluang Usaha Budidaya Kacang Tanah termasuk jenis tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi. 

Kacang tanah ini dapat diolah untuk dijadikan berbagai macam produk tentunya. Mulai dijadikan bahan cemilan, dijadikan bahan selai roti, hingga untuk berbagai jenis bahan makanan lainnya.

Peluang Usaha Budidaya Rumput Laut

Oke untuk jenis tanaman ini kita khususkan untuk peluang usaha pertanian di desa dekat pantai ya. Karena Peluang Usaha Budidaya Rumput Laut ini hanya cocok untuk kalian yang mempunyai lahan di pantai. 

Untuk memulai kalian harus memiliki lahan di dekat pantai dengan syarat kondisi suhu  diantara 20 – 28 derajat celcius. Untuk Kecepatan arus airnya pun harus sesuai, yakni di angka 20 – 40 cm per detik. 

Untuk aplikasinya sendiri hasil dari Peluang Usaha Budidaya Rumput Laut ini banyak di ekspor untuk bahan dasar produk cemilan.

Peluang Usaha Budidaya Vanili

Apa sih penyedap rasa paling maha di dunia? Vanili! Iya vanili…

Pada tahun 2018 lalu, hasil budidaya vanili dengan kualitas yang tinggi berharga termahal sekitar  USD 650 per kilo, untuk tahun 2020 saat ini vanili dihargai sekitar USD 200 per kilonya. Apabila dirupiahkan, untuk tahun 2020 ini sekitar Rp 5juta per kilo nya. Maka tidaklah heran, jika banyak orang yang berinvestasi besar – besaran pada Peluang Usaha Budidaya Vanili dengan keuntungan yang besar pula di bidang perkebunan.

Sejalan dengan harga dan keuntungannya, Peluang Usaha Budidaya Vanili ini juga menuntut tingkat pengetahuan dan keahlia yang cukup mendalam karena tingkat kesuitan budidayanya.

Peluang Usaha Budidaya Rempah-Rempah

Peluang Usaha Budidaya Rempah-Rempah memiliki prospek bisnis yang menggiurkan. Rempah-rempah ini banyak sekali dibutuhkan untuk berbagai kegunaan. Banyak pilihan jenis rempah-rempah yang dapat kalian piih untuk di budidayakan. Beberapa jenis yang bisa dipilih antara lain lada, merica, kunyit, bawang merah, lengkuas, jahe, bawang putih, dan lainnya.

Peluang Usaha Budidaya Edamame

Pernah mendengar edamame? Edamame ini bisa juga disebut kedelai Jepang. Edamame ini memiliki bentuk yang khas, dan waranya hijau. Edamame ini dapat dikonsumsi menjadi cemilan. Mungkin ada dari beberapa dari kalian pernah untuk mencicipi edamame ini. Di restaurant jepang sering kita temui masakan – masakan olahan edamame ini.

Selain dari kenikmatannya, edamame ini juga mempunyai kandungan dari gizi dan protein yang cukup lengkap. Itulah mengapa Peluang Usaha Budidaya Edamame ini memiiki potensi besar untuk dijadikan peluang usaha pertanian di desa.

Peluang Usaha Budidaya Bayam

Tanaman Bayam ini adalah sayuran yang bergizi tinggi dan kaya zat besi. Tanaman Bayam juga banyak digemari oleh banyak orang. Selain itu, peluang usaha budidaya bayam sangat cocok untuk kalian yang baru untuk memulai peluang usaha pertanian di desa. Karena kalian tidak memerlukan modal yang besar dan cara budidayaya cukup mudah.

Peluang Usaha Budidaya Sawi Hijau (Sosin)

Sawi hijau atau yang bisa disebut sosin menadi satu sayuran yang cukup populer. Tanaman sawi hijau ini termasuk jenis tanaman yang proses masa panennya cukup cepat. Masa panen sawi hijau ini bisa dilakukan dalam waktu kurang dari satu bulan lamanya. Kalian pun dapat membudidayakannya di lahan kosong yang sempit, seperti di belakang rumah misalnya.

Peluang Usaha Budidaya Kangkung

Tanaman kangkung juga salah satu sayuran lain yang banyak diminati selain bayam. Masa panen pun sama cepatnya dengan bayam yaitu hanya 4 sampai 6 minggu saja. Proses budidayanya cukup mudah. Tanaman ini pun cocok untuk kalian yang baru mulai terjun di peluang usaha pertanian di desa.

Peluang Usaha Budidaya Terong

Peluang usaha pertanian di desa yang paling menguntungkan selanjutya adalah peluang usaha budidaya terong. Jenis sayur ini mempunyai kandungan gizi tinggi. Maka banyak sekali jenis olahan jenis tanaman Terong ini yang sudah dibuat. peluang usaha budidaya terong cukup potensial di kala zaman modern saat ini. Karena tanaman terong ini mempunyai pasar yang bagus di Indonesia.

Peluang Usaha Pertanian di Desa Selain Berbudidaya Tanaman

jenis usaha pertanian itu tidak hanya soal berbudidaya tanaman saja loh. Masih banyak segmen di dalam jenis usaha pertanian yang bisa kalian jadikan peluang usaha pertanian di desa.

Ada produk, ada jasa juga yang bisa kalian manfaatkan untuk peluang usaha pertanian di desa ini. Kebutuhan untuk budidaya tanaman tersebutlah yang mesti kalian penuhi sebagai peluang usaha.

Berikut adalah contoh usaha pertanian selain berbudidaya tanaman yang dapat bisnisklaten.com bagikan :

Peluang Usaha Pertanian Menjual Bibit Tanaman

Peluang Usaha Pertanian Menjual Bibit Tanaman ini adalah potensi besar. Banyak sekali petani yang membeli bibit tanaman untuk di budidayakan. Denga menyediakan bibit ini maka proses budidaya akan menjadi lebih lancer.

Cobalah kalian menyediakan bibit tanaman yang berkualitas. Dimana bibit yang kalian tawarkan memang menghasilkan hasil panen terbaik untuk para petani.

Beberapa jenis dari bibit tanaman yang banyak dicari banyak petani seperti, bibit tanaman kangkung, bibit tanaman bayam, bibit tanaman jagung manis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Peluang Usaha Pertanian Menjual Pupuk

Untuk peluang usaha pertanian di desa ini kalian dapat mencari produsen pupuk lalu menjualnya sebagai distributor tunggal atau kalian dapat mempelajari dan bekerjasama dengan pihak tertentu untuk membuat pupuk terbaik untuk petani tentunya. 

Yang mungkin kalian bisa dipelajari dalam hal membuat pupuk seperti pupuk kompos dan kandang misalnya. Kedua jenis pupuk tersebut banyak dicari para petani, penjual tanaman hias, dan penghuni rumah yang menyukai bercocok tanam.

Peluang Usaha Pertanian Sebagai Pengepul Padi

Peluang Usaha Pertanian Sebagai Pengepul Padi ini cukup mudah dan keuntungan usahanya pun bisa dikatakan cukup besar. Simple kalian ini hanya butuh untuk membeli gabah kering dari para petani itu sendiri.

Harga dari satu kilogram padi kering itu sendiri sekitar Rp5 ribu. Lalu padi kering yang dibeli sebelumnya dijual lagi ke pabrik penggilingan padi dengan skala besar ataupun kantor Bulog setempat. Harga jualnya harus lebih tinggi dari harga beli tentunya.

Peluang Usaha Pertanian Menjual Alat Pertanian

Peluang usaha pertanian di desa yang berpotensi menghasilkan untung yang besar adalah dengan membuka toko alat pertanian.

Cobalah kalian memilih produk berbagai peralatan dan perlengkapan untuk kebutuhan pertanian seperti, traktor, roda, dan lain – lain.

Peluang Usaha Pertanian Penyewaan Mesin Pengolahan Tanah

Tidak semua petani memiliki kemampuan untuk memiliki mesin pembajak sawah. Maka dari itu sebagian besar dari para petani menggunakan jasa sewa dari pemilik mesin untuk proses pengerjaan lahan pertanian mereka yang akan dibuka untuk mulai tanam.

Dengan alasan itulah Peluang Usaha Pertanian Penyewaan Mesin Pengolahan Tanah memiliki peluang yang besar. Banyak dari jenis mesin pertanian untuk disewakan dan terbukti laris manis pada musim tertentu sesuai komoditas pertaniannya. 

Berikut beberapa contoh mesin pertanian yang bisa laku disewakan:

  • Traktor pembajak sawah
  • Mesin pemanen padi
  • Mesin penggilingan padi dan jagung
  • Pemotomg kayu dll.
  • Mobil pengangkut barang (pick-up & truk)

Demikianlah ulasan kami perihal Peluang Usaha Pertanian di Desa yang mempunyai potensi keuntungan yang besar. silahkan kalian pilih mana yang akan kalian kembangkan sebagai peuang usaha.
Semoga bisa menginspirasi dan maju terus jangan menyerah.
See you on top!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *